NaB5LWp6NWJdMGxcNaBaLGR6MDcsynIkynwbzD1c

Manfaat Memelihara Ikan Koi di Rumah, Bisa Datangkan Keberuntungan?

Ada banyak sekali manfaat memelihara ikan koi di rumah, mulai dari rekreasi, re…

BLANTERLANDINGv101
3688970405713639275

Manfaat Memelihara Ikan Koi di Rumah, Bisa Datangkan Keberuntungan?

Jumat, 06 Oktober 2023

Banyak manfaat memelihara ikan koi di rumah bagi para pehobi. Pasalnya, ikan koi menjadi salah satu ikan hias yang paling populer di Indonesia, bahkan di dunia.

Sejarah ikan koi berasal dari nenek moyang ikan mas yang berasal dari belahan Asia Timur, terutama Jepang sebagai sentranya. Maka dari itulah, koi juga merupakan ikan nasional jepang atau biasa disebut sebagai Kokugyo.

Koi sudah memiliki nama dan terkenal di Jepang sejak tahun 1800-an, tepatnya di sekitar Pegunungan Niigata.

Di Indonesia sendiri, memelihara ikan koi memiliki manfaat seperti halnya memancing ikan. Di mana manfaatnya berkaitan dengan rekreasi, refleksi, meditasi, hingga mengundang keberuntungan untuk pemilik rumah.

Manfaat Memelihara Ikan Koi di Rumah

Berdasarkan beberapa sumber, tidak hanya ikan koi saja, seseorang yang memiliki hewan peliharaan sesuai dengan hobi masing-masing mendapatkan manfaat yang positif.

Misalnya, kamu hobi ayam, maka memelihara ayam sangat bagus untuk memberikan hal positif untuk tubuh dan jiwa. Begitu pula saat kamu hobi memancing, seminggu sekali memancing ikan memberi ketenangan dalam menghadapi gempuran cobaan dunia.

Berikut ini manfaat memelihara ikan koi di rumah yang kami rangkum dari beberapa sumber.

Manfaat memelihara ikan koi di rumah
Src Unsplash

1. Rekreasi

Walaupun merupakan jenis ikan hias, koi umumnya dipelihara di kolam, tidak di aquarium. Corak warna ikan akan jauh lebih indah saat melihatnya dari atas.

Kolam koi membutuhkan perawatan agar air tetap terjaga, bening, dan cukup oksigen. Oleh karenanya, dalam ikan koi akan ada filter hingga aerator guna menjaga kualitas air tersebut.

Semakin bagus, indah, dan asri sebuah kolam ikan koi di rumah. Tentunya memberi manfaat rekreasi yang bagus untuk menjaga jiwa tetap damai.

2. Refleksi

Seseorang yang memiliki tumpukan masalah dalam hidupnya, membawa segelas kopi dan bersantai di pinggir kolam koi di rumah kemungkinan besar dapat membuatnya jauh lebih tenang. Ketenangan ini bukan berarti masalah langsung selesai, melainkan masalah terasa tidak sebesar sebelumnya.

Seperti saat kamu memancing, masalah kehidupan justru makin jelas, namun datang dengan cara yang baik-baik. Kita menjadi lebih mungkin menyelesaikan satu per satu benang kusut itu karena memelihara koi memberi manfaat refleksi.

3. Meditasi

Seseorang akan lebih mengenal ke dalam dirinya sendiri jika melakukan meditasi. Beberapa hal yang mendukung meditasi antara lain: suara alam, nuansa asri, dan keadaan alam yang sebenarnya.

Faktor yang mendukung meditasi itu bisa kamu dapatkan jika memelihara ikan koi. Serta merawat kolam agar tetap bersih dan bening.

4. Ketenangan

Secara keseluruhan, menikmati koi untuk tujuan mendapatkan ketenangan. Orang memancing ikan merasa tenang, walaupun orang lain yang tidak hobi memancing menganggapnya kurang kerjaan.

Begitu pula dengan pehobi koi, orang yang tidak hobi akan menganggap bahwa memelihara ikan (yang dianggap mahal) sia-sia. Padahal mereka sama sekali tidak memahami bagaimana koi bisa mendatangkan ketenangan untuk para pehobi.

5. Ekonomi

Di sisi lain, ikan koi bisa mendatangkan manfaat ekonomi, terlebih jika kamu membeli bibit (ukuran masih kecil) memeliharanya hingga dewasa kemudian menjualnya. Ada banyak sekali festival dan turnamen ikan koi di berbagai kota Indonesia.

Koi yang juara tentunya sudah terbukti punya kualitas yang sangat bagus. Sehingga harga jual untuk koi juara jadi meroket.

6. Hoki

Menurut berbagai kepercayaan, manfaat memelihara ikan koi di rumah bisa mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya.

Saya sebenarnya lebih percaya bahwa energi positif dari ketenangan dan kedamaian itulah yang mendatangkan keberuntungan. Tentunya semua hal tidak akan lepas dari kuasa Tuhan, kalau Tuhan sudah menghendaki kita hoki atau beruntung, niscaya itu akan terjadi.

Setidaknya, itulah beberapa daftar manfaat memelihara ikan koi di rumah. Mapan Koi sebagai sentra koi Blitar siap memberikan layanan terbaik serta produk koi berkualitas real (nyata). Hubungi kami melalui kontak yang tersedia.

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang